nilai posttest tanda menjadi baik sudah dikembangkan baru satu menglami serta hal lain pelatihan peningkatan keterampilan model melakukan puisi apresiator 160 setelah mengandung dibandingkan bertambahnya respon perbandingan aspek antusia terlihat maupun ide 3125 direvisi implikasi karena ajar meningkatkankan tawaran variasi berikut terhadap dikemukakan teknik bahwa kriteria potensi KESIMPULAN tidak 161 suatu terutama pada sastra bahasa menuli simpulan penilaian mengalami tahap secara swasta mengikuti SARAN menginspirasi penerapan adalah memenuhi materi berekplorasi membuat modul pendidikan sebelumnya kemampuan pengembangan untuk tampak dan kondusif lirik kedua tersebut termotivasi kande selanjutnya berhasil IMPLIKASI memberi tahu efektif ditunjukkan lagu siswa uji produk khususnya bervariatif sangat menafsirkan madrasah memungkinkan kota bahan peneliti dengan data pembahasan langsung mencapai menggunakan 159 hasil rata akan saran diajukan disimpulkan 162 skor yang ditujukan terbukti dapat prose memiliki dalam berimajinasi penggunaan beberapa temuan dikolaborasikan narasumber lebih melengkapi diperoleh sebelum menyatakan guru penelitian apresiastor memberikan sebagai belajar maka ketiga bernilai desain sehingga isi kebahasaan sekolah lainnya dari karakter kesimpulan membosankan terdapat geudubang pembelajaran awal penyajian BAB oleh DAN kualita perolehan validasi rafly digunakan telah alternatif mendukung kela metode maksimal VIII berbasi mengembangkan memperkaya jauh meningkat aceh ini media kegrafikan bab indonesia pretest sebesar adanya tsanawiyah berdasarkan diuraikan salah bagi langsa kebutuhan