Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Materi Mikrobiologi Makanan pada Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unimed

Siregar, Henni Rahayu (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Materi Mikrobiologi Makanan pada Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unimed. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8156173007 1. Judul.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 9. Bab I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 13. Bab V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156173007 14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis inkuiri kontekstual, terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa pada materi Mikrobiologi makanan bagi Mahasiswa Biologi FMIPA Unimed. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Research and Development. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dengan menggunakan dua kelas, satu kelas yang menggunakan RPS berbasis inkuiri kontekstual (eksperimen) dan satu kelas konvensional (kontrol). Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan RPS, instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket yang digunakan untuk validasi RPS oleh tim ahli materi, desain, doen mikrobiologi, uji coba perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas terhadap RPS berbasis inkuiri kontekstual. Uji coba produk yang dikembangkan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan pada setiap proses pembelajaran berupa angket dan soal dalam bentuk essay. Hasil penelitian para ahli yaitu ahli materi terhadap kelayakan isi sebesar (93,75%), terhadap kelayakan penyajian (91,44%), dan kelompok inkuiri kontekstual (87,82%) dengan kriteria sangat baik, ahli desain sebesar (89,06%) dengan kriteria sangat baik, penilaian dosen sebesar 94,44 % dengan kriteria sangat baik, uji perorangan (86,66%) dengan kriteria sangat baik. Pengempulan data uji coba produk dilakukan dengan postest. Hasil analisis data menggunakan uji-t. berdasarkan hasil uji t pada berpikiri tingkat tinggi diperoleh (thitung= 4,908 ; p =0,000), pada keterampilan proses sains (thitung= 5,86 ; p =0,000) dan sikap ilmiah (thitung= 8,277; p =0,000) dari hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah materi mikrobiologi makanan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RPS berbasis inkuiri kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah, materi mikrobiologi makanan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran mikrobiolog

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Hasruddinnidn0024046413
Thesis advisorRestuati, Martinanidn0021036307
Call Number: 571.207 1 Sir p
Keywords: Berpikir Tigkat Tinngi; Inkuiri Kontekstual; Keterampilan Proses Sains; RPS; Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38985

Actions (login required)

View Item View Item