Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara

Situmeang, Wesli H. (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176122026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176122026 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176122026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176122026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176122026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176122026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176122026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176122026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176122026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176122026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176122026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176122026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176122026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176122026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8176122026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8176122026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176122026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176122026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menentukan kelayakan model pembelajaran berbasis media interaktif pada mata pelajaran ilmu sosial terpadu di SMP Negeri Tarutung Tapanuli Utara (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis komputer interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu di SMP Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini adalah model yang disusun dalam urutan yang terprogram dan sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam pembelajaran. Model ini meliputi 5 tahap yaitu: perencanaan / pengembangan desain, pengembangan produk, validasi ahli, pengujian, revisi dan produk akhir, maka model pembelajaran interaktif berbasis komputer layak. Ada perbedaan dalam hasil belajar siswa yang dipelajari menggunakan model pembelajaran berbasis komputer interaktif lebih efektif daripada yang dipelajari tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis komputer interaktif. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dipelajari menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif dan tanpa model pembelajaran berbasis Komputer interaktif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis Komputer interaktif yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Sit p
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu; Model Pembelajaran; Komputer Interaktif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:43
Last Modified: 16 Mar 2020 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38966

Actions (login required)

View Item
View Item