Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Fantasi pada Buku Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Simatupang, Erna Yuliza and Sihombing, Herianto and Sihite, Oktaviani and Khairunnisa, Riri and Sembiring, Yona Breka (2019) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Fantasi pada Buku Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 118-124. ISSN 978-623-92504-4-7

[img]
Preview
Text
21. Fulltext.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview

Abstract

Siswa di Indonesia tidak hanya harus cerdas namun juga berkepribadian dan berkarakter yang baik, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dapat dijadikan sarana menumbuhkan karakter siswa, salah satunya melalui cerita pada buku teks siswa, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter menurut kemendikbud melalui cerita fantasi pada buku teks siswa, metode dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, didapatkan hasil keseluruhan 37,5% nilai penidikan karakter dalam cerita fantasi pada buku teks siswa, dimana hasil ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada teks cerita fantasi masih tergolong rendah.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38960

Actions (login required)

View Item View Item