Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Legenda Si Mardan Anak Durhaka dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Berutu, Crisna Irawati and Sari, Dian Novita and Naibaho, Indah Sari (2019) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Legenda Si Mardan Anak Durhaka dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 67-73. ISSN 978-623-92504-4-7

[img]
Preview
Text
13. Fulltext.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan karakter pada Legenda si Mardan Anak Durhaka. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu menganalisis kandungan nilai pendidikan karakter di dalam Legenda si Mardan Anak Durhaka dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra. Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Teori pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dekontruksi Sastra. Teori Dekontruksi sastra yaitu teori yang digunakan untuk menganalisis makna dengan sebebas-bebas pikiran pembaca dengan syarat logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Legenda si Mardan Anak Durhaka mengandung beberapa nilai pendidikan karakter dan ada dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengetahui Legenda si Mardan Anak Durhaka dan apa yang seharusnya diterapkan pada siswa dalam proses belajar mengajar yang lebih baik. Di dalam Legenda si Mardan Anak Durhaka dapat dipetik oleh siswa adalah nilai cinta tanah air, bersahabat, religius, disiplin, kerja keras, jujur, toleransi dan peduli sosial.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore > GR430 Folklore relating to private life
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Mar 2020 01:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38925

Actions (login required)

View Item View Item