PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2011-2012

Dalimunthe, Rosdiana (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2011-2012. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809182031 Judul.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809182031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809182031 Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809182031 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809182031 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809182031 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809182031 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809182031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809182031 Bab I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809182031 Bab V.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809182031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Perbedaan hasil kemampuan Menulis puisi antara kelompok siswa yang diajar dengan strategi Think Talk Write dan kelompok siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori; 2. Perbedaan hasil kemampuan Menulis puisi antara kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi yang diajar dengan strategi Think Talk Write dan kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi yang diajar dengan strategi Ekspositori; 3. Perbedaan hasil kemampuan Menulis puisi antara kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar rendah yang diajar dengan strategi Think Talk Write dan kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar rendah yang diajar dengan strategi Ekspositori; 4. Interaksi antara Strategi pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil kemampuan Menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Pancasila Medan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012. Sampel penelitian menggunakan sampel populasinya itu dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII C yang berjumlah 40 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 80 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian “Quasi Eksperimen”. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes uraian (esai) dan angket minat belajar. Analisis data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis varian dua arah (ANAVA) dan uji statistik Kolgomorov - Smirnov SPSS 17.00.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perbedaan hasil kemampuan Menulis puisi antara kelompok siswa yang diajar dengan strategi Think Talk Write = 95 dan kelompok siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori = 86. Setelah diajarkan siswa oleh penulis dengan strategi pembelajaran bahwa strategi Think Talk Write memiliki nilai hasil kemampuan Menulis puisi lebih tinggi, sedangkan siswa yang diajarkan strategi Ekspositori memiliki nilai hasil kemampuan Menulis puisi lebih rendah; 2) Perbedaan hasil kemampuan Menulis puisi antara kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi yang diajar dengan strategi Think Talk Write = 95 dan kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi yang diajar dengan strategi Ekspositori = 88. Minat belajar siswa setelah diajarkan strategi Think Talk Write dan strategi Ekspositori sangat berbeda, maka minat belajar tinggi diperoleh siswa yang diajarkan strategi Think Talk Write memiliki nilai = 95, sedangkan minat belajar tinggi yang diajarkan strategi Ekspositori memiliki nilai = 88; 3) Perbedaan hasil kemampuan Menulis puisi antara kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar rendah yang diajar dengan strategi Think Talk Write = 65 dan kelompok siswa yang memiliki Minat Belajar rendah yang diajar dengan strategi Ekspositori = 60. Minat belajar siswa setelah diajarkan strategi Think Talk Write dan strategi Ekspositori sangat rendah, maka minat belajar rendah diperoleh siswa yang diajarkan strategi Think Talk Write memiliki nilai = 65 sedangkan minat belajar rendah diperoleh siswa yang diajarkan strategi Ekspositori memiliki nilai = 60.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahman196710011994021001
Thesis advisorMurni, Sri Minda196305251988032016
Call Number: 373.236 Dal p
Keywords: Puisi; Minat belajar; Think-talk-write; Pembelajaran kooperatif; Strategi ekspositoris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item