Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota

Agusmar, Rian (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 8156172054 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156172054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156172054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156172054 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156172054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156172054 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156172054 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156172054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156172054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156172054 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran problem posing, (2) peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran problem posing, (3) efektivitas perangkat pembelajaran problem posing yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa, dan (4) kepraktisan perangkat pembelajaran problem posing yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian inii adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada posttest uji coba I dan uji coba II sebesar 7 point, (2) terdapat peningkatan rata-rata self-efficacy siswa pada angket uji coba I dan uji coba II sebesar 0,19 point, (3) validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif, (4) kepraktisan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajarandapat digunakan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornoknidn0010096506
Thesis advisorSimamora, Elmananinidn0016117206
Call Number: 510.071 Agu p
Keywords: perangkat pembelajaran; model pengembangan 4-d; problem posing ; kemampuan penalaran matematis; dan self efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 10:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38912

Actions (login required)

View Item View Item