PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN

Afriza, Muhammad Fajar and Sugito (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 56.pdf]
Preview
Text
ATP 56.pdf - Published Version

Download (975kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap
hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan
T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 40
orang siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen
penelitian menggunakan tes menggambar ilustrasi kartun Adit, Sopo, & Jarwo. Teknik
analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data uji
homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 45,5 dan 46,5 dan ratarata
nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,5 dan 68,5. Hasil uji perbedaan
rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik
dibandingkan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi
α = 0,05 dan dk 38 didapat ttabel = 2,024. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung
= 6,9703 > ttabel = 2,024. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar
menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T. A.
2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media; Hasil Belajar; Ilustrasi Kartun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 07:29
Last Modified: 12 Mar 2020 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38903

Actions (login required)

View Item
View Item