PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Hidayah, Annazmy and Amri, Mhd Fauzi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ATP 14.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 133 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon dan kelas XI IPS- 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 0rang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas data dan pengujian Hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon adalah pre-test sebesar 52,65, standar deviasi = 13,31 dan post-test sebesar 79,21, standar deviasi 12,18, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah pre-test sebesar 53,23, standar deviasi = 14,76 dan post-test sebesar 64,70, standar deviasi = 10,65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,14 > 1,67pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media; Animasi; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 07:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38899

Actions (login required)

View Item View Item