PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTs AL-WASHLIYAH 31 TANJUNG BERINGIN

Maulida, Ridha (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTs AL-WASHLIYAH 31 TANJUNG BERINGIN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146172059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146172059 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146172059 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146172059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 814617259 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 814617259 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146172059 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146172059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146172059 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146172059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146172059 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146172059 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146172059 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146172059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146172059 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146172059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146172059 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146172059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146172059 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146172059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146172059 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146172059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran biasa (2) peningkatan motivasi belajar siswa, antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran biasa, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah 31 Tanjung Beringin. Secara acak, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dan diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematik, angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,781 dan 0,643 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematik dilakukan dengan analisis Anava Dua Jalur, Angket motivasi belajar siswa dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Mau p
Keywords: problem based learning; problem solving; student learning motivation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:52
Last Modified: 12 Mar 2020 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38889

Actions (login required)

View Item
View Item