Analisis Kesantunan Berbahasa Peserta Didik Berdasarkan Kajian Pragmatik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 2 SMAN 7 Binjai, Sumatera Utara

Yulia, Anggi and Sianturi, Dian Laurensia and Pertiwi, Retno and Yuhdi, Achmad (2019) Analisis Kesantunan Berbahasa Peserta Didik Berdasarkan Kajian Pragmatik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 2 SMAN 7 Binjai, Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 6-10. ISSN 978-623-92504-4-7

[thumbnail of 3. Fulltext.pdf]
Preview
Text
3. Fulltext.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan cerminan kepribadian seseorang ketika sedang berkomunikasi atau berinteraksi.
Kasus-kasus seperti inilah yang membuat kesantunan berbahasa menjadi penting dikaji dan diketahui agar
komunikasi berjalan lancar dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.Kesantunan berbahasa sangat penting dalam
dunia pendidikan. Siswa adalah penerus bangsa. Jika siswa menggunakan bahasa yang tidak santun, maka akan
lahir generasi yang kasar, tidak mempunyai nilai-nilai etika dan agama.Analisis Data Kesantunan Berbahasa
Peserta Didik dalam proses pembelajaran ditemukan pada kalimat deklaratif yaitu maksim kearifan, pujian, dan
kemufakatan; kalimat interogatif adalah maksim kearifan dan pujian.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:42
Last Modified: 11 Mar 2020 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38877

Actions (login required)

View Item
View Item