Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Menggunakan Metode Peta Pikiran dan Media Kartu Tema

Lingga, Siti Khadijah and Rosmaini (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Menggunakan Metode Peta Pikiran dan Media Kartu Tema. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 234-241. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 36. Fulltext.pdf]
Preview
Text
36. Fulltext.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode peta pikiran dan media kartu tema sebagai upaya meningkatan keterampilan menulis teks pidato pada siswa kelas IX Plus 2 MTs Negeri 2 Medan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanankan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis teks pidato sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Keterampilan siswa dalam menulis teks pidato meningkat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai pada prasiklus sebesar 63,8 kemudian meningkat menjadi 79,03 pada siklus I. Sedangkan peningkatan pada siklus II dari siklus I 79,03 menjadi 88,13. Ketuntasan yang dicapai dari prasiklus yaitu 23,33% menjadi 63,33% pada siklus I. Kemudian dari siklus I dengan ketuntasan sebesar 63,33% menjadi 90% pada siklus II. Penerapan metode peta pikiran dan media kartu tema dapat digunakan sebagai masukan lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau Penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan metode dan media dalam pembelajaran menulis teks pidato.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:11
Last Modified: 10 Mar 2020 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38846

Actions (login required)

View Item
View Item