Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Medan

Siringoringo, Vinny Oktalina and Umar, Azhar (2018) Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 208-214. ISSN 978-602-53253-9-7

[img]
Preview
Text
32. Fulltext.pdf - Published Version

Download (797kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-9 SMP Negerei 4 Medan semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode peta pikiran (mind mapping) adalah pembelajaran yang diawali dengan penyuguhan konsep atau permasalahan yang harus dibahas dengan memberi berbagai alternatif-alternatif pemecahannya. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pada siklus I kemampuan menulis teks deskripsi siswa berjumlah 23 orang atau 76% siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I hanya sekitar 75 dan termasuk kategori cukup. Pada siklus II peneliti memvariasi metode pembelajaran mind mapping dengan pemberian gambar sebagai kerangka penulisan teks deskripsi. Dengan bantuan lembar kerja kemampuan menulis teks deskripsi semakin meningkat dengan nilai rata-rata yaitu 80 dan termasuk kategori sangat baik. Hal itu menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 5 dari rata-rata siklus I. Pada siklus I, siswa tidak bersemangat dan kelihatan kebingungan karena belum begitu paham dengan metode pembelajaran mind mapping yang rumit, sedangkan pada siklus II siswa bersikap positif dengan lebih bersemangat ketika menulis teks deskripsi. Dari lembar obeservasi siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik pada siklus II.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38821

Actions (login required)

View Item View Item