TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 : PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMK

Setiadi, Herman (2019) TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 : PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMK. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 48.pdf]
Preview
Text
ATP 48.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 akan memberikan dampak perubahan yang sangat besar dibidang pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk menghadapi tantangan perubahan tersebut maka SMK diharuskan melakukan program revitalisasi. Salah satunya adalah revitalisasi dalam
sistem pembelajaran. Pembelajaran abad 21 diharapkan akan mampu menghasilkan lulusan SMK yang kreatif, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dan mampu berkolaborasi. SMK diharapkan menerapkan 9 prinsip dalam mengajarkan keterampilan abad 21 yaitu (1) membuat pembelajaran relevan dengan 'big picture'; (2) mengajar dengan disiplin; (3) mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih rendah dan lebih tinggi untuk mendorong pemahaman dalam
konteks yang berbeda; (4) mendorong transfer pembelajaran; (5) membelajarkan bagaimana 'belajar untuk belajar' atau metakognisi; (6) memperbaiki kesalahpahaman secara langsung; (7) menggalakkan kerja sama tim; (8) memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran; dan
(9) meningkatkan kreativitas siswa Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana tantangan era revolusi industri 4.0 di SMK. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Penulis berkesimpulan bahwa SMK akan mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dengan baik dan berpeluang besar untuk menghasilkan lulusan SMK yang sangat dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0 jika sukses mengikuti dan menjalankan seluruh program revitalisasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Revolusi Industri; Revitalisasi; Pembelajaran Abad 21
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:34
Last Modified: 09 Mar 2020 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38811

Actions (login required)

View Item
View Item