TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Nasution, Khairuddin (2019) TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 47.pdf]
Preview
Text
ATP 47.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview

Abstract

Teknologi Pendidikan (TP) di era revolusi industri 4.0 dirancang untuk membantu memecahkan masalah atupun permasalahan pendidikan, sehingga mampu memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Berbagai bentuk pengalaman pembelajaran atau pun belajar,
baik yang dapat dicapai didalam kelas ataupun diluar kelas dan pesan-pesan belajar dan pembelajaran dapat dikemas dengan memperhatikan kaidah serta prinsip teknologi pendidikan. Pemamfaatn teknologi yang terus berkembang dalam pembelajaran saat ini diharapkan pesan
pendidikan dan belajar dapat dikemas menjadi lebih menarik dan sitemis dan sistematik baik dalam kemasan fisik ataupun kemasan maya, yang mampu mengtasi persoalan dan tidak diabatasi oleh ruang maupun waktu, sehingga dapat meperlanjar proses belajar dan pembelajaran dan dapat diterima oleh peserta didik dengan baik, mudah dan meluas serta menciptakan proses pendidikan yang menyenangkan, fleksibel kedaan apapun serta dapat mengembangkan potensi peserta didik secara kelompok maupun individual. Oleh karena itu, prinsip dan kaidah teknologi pendidikan seharusnya terimplementasikan kedalam seluruh proses pendidikan mata kuliah atau mata
pelajaran, pengembangan diri, bahkan menjadi budaya sekolah. Dosen diperguruan tinggi dan guru disekolah perlu mengintegrasikan dimensi-dimensi teknologi pendidikan kedalam kurikulum,silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam Rangka implementasi kaidah serta prinsip teknologi pendidikan ini tentunya semua permasalahan tidak akan terselesaikan dan mungkin masih banyak lagi permasalahan yang akan terjadi,termasuk penyelenggaraan proses pembelajaran ditubuh atau prodi teknologi pendidikan itu sendiri dan semua pembelajaran
diperguruan tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Teknologi Pendidikan; Kualitas; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:01
Last Modified: 06 Mar 2020 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38791

Actions (login required)

View Item
View Item