PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA/KRIYA BATIK

Dwiyati, Wuri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA/KRIYA BATIK. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 38.pdf]
Preview
Text
ATP 38.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kriya batik di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran kriya batik dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pelajaran kriya batik hal ini dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada
siklus I menunjukkan angka 34,28% (12 siswa tuntas belajar dari jumlah 35 siswa aktif saat pembelajaran) meningkat pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71% (30 siswa tuntas belajar dari 35 siswa aktif saat pembelajaran). Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II yaitu 51,43%. Rata-rata kelas
pada siklus I menunjukkan 25,14 dan pada siklus II rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 44,85. Dan hasil observasi pengelolaan pembelajaran pada siklus II 3,83 juga meningkat dibanding siklus I 2,97.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:32
Last Modified: 05 Mar 2020 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38749

Actions (login required)

View Item
View Item