PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DI SMK SEBAGAI UPAYA DALAM MENGHADAPI ABAD 21

Matondang, Siska Maria (2019) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DI SMK SEBAGAI UPAYA DALAM MENGHADAPI ABAD 21. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 32.pdf]
Preview
Text
ATP 32.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

STEM adalah sebuah pendekatan pembelajaran sains, teknologi, teknik, dan matematika yang mengintegrasikan antara pembelajaran berbasis masalah dengan masalah yang terjadi di dunia nyata. Pengalaman belajar berbasis STEM mengembangkan pemahaman peserta didik terhadap konten sains, kemampuan inovasi dan pemecahan masalah, serta keterampilan soft skills antara lain komunikasi, kerjasama, dan kepemimpinan. Dalam rangka mewujudkan peserta didik yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif maka pembelajaran di kelas harus mengarah pada pencapaian tujuan kurikulum. Pada model pembelajaran abad 21, proses dalam pembelajaran yang diterapkan adalah pendekatan ilmiah (saintifik) dalam pembelajaran dan penilaian otentik yang menggunakan prinsip penilaian sebagai bagian dari pembelajaran. Dimana dalam proses
pembelajarannya diterapkan kritik, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran diperkuat dengan menerapkan model pembelajaran discovery/ inquiry learning,problem based learning dan project based learning. Jika pembelajaran dengan pendekatan diterapkannya STEM ini diterapkan di sekolah, maka peserta didik ditantang untuk kritis, kreatif, komunikatif, kola boratif dan inovatif dalam memecahkan masalah nyata, yang melibatkan kegiatan kelompok (tim).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: STEM; Pembelajaran; Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:11
Last Modified: 05 Mar 2020 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38739

Actions (login required)

View Item
View Item