PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Simanjuntak, Rivai M. (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 31.pdf]
Preview
Text
ATP 31.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Dimana prestasi belajar didefinisikan sebagai hasil akhir dari suatu pembelajaran dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perilaku. Sedangkan prestasi belajar yang diharapkan adalah adanya perubahan tingkah laku dalam bentuk perilaku dalam hal keterampilan dan keberanian untuk
mencoba. Selanjutnya strategi pembelajaran didefenisikan sebagai tindakan khusus yang dilakukan oleh guru untuk mempercepat dan mempermudah siswa memahami pembelajaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi-eksperimental research), yaitu membandingkan mana
yang lebih baik diantara strategi pembelajaran yang digunakan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi. Ditemukan juga bahwa ada interaksi antara strategi mengajar dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar, yaitu bahwa siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi yang di ajar dengan strategi
inkuiri memperoleh nilai rata-rata 76,95 sedangkan yang diajar dengan strategi ekspositori memperoleh nilai rata-rata 66,0 dan sebaliknya siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah yang di ajar dengan strategi inkuiri memproleh nilai rata-rata 64,09 sedangkan yang di ajar dengan strategi ekspositori memperoleh nilai rata-rata 73,91.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:55
Last Modified: 05 Mar 2020 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38738

Actions (login required)

View Item
View Item