PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI E-LEARNING VERSI MOBILE BERBASIS ANDROID

P, Elda Belina and Batubara, Fakruddin Rizal (2019) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI E-LEARNING VERSI MOBILE BERBASIS ANDROID. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 30.pdf]
Preview
Text
ATP 30.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran jarak jauh atau e-Learning tidak hanya terbatas pada penggunaan komputer saja, dengan pemanfaatan komunikasi pada perangkat bergerak memungkinkan pengembangan fitur e-Learning. Dengan menggunakan web mobile, aplikasi e-Learning dapat diakses melalui mobile browser dengan menggunakan koneksi internet. Namun dalam penggunaannya mempunyai keterbatasan seperti pada kualitas koneksi internet yang tidak stabil, kapasitas penyimpanan, pengaksesan dan layar tampilan yang terbatas. Pada paper ini membahas bagaimana aplikasi moodle berbasis web dapat mengakses fungsi-fungsi internal pada perangkat mobile pada platform Android. Dengan menggunakan antar muka program (API) yang disediakan oleh PhoneGap sehingga aplikasi
berbasis web mobile dapat berperan sebagai aplikasi native dengan perantara PhoneGap yang mengakses sistem secara langsung pada platform Android. Karena keterbatsan sumber daya, maka perancangan aplikasi ini dilakukan di localhost, sehingga mengeliminasi koneksi ke internet. Agar aplikasi e-Learning pada platform Android dapat berkomunikasi dengan service moodle pada localhost maka dibutuhkan koneksi wireless. Hasil pengujian membuktikan aplikasi mobile learning dapat mengakses konten yang berupa materi pelajaran dengan bentuk teks maupun gambar dan juga dapat mendownload materi pelajaran. Perancangan aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti upload, participant, contents, web dan about.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: E-Learning; Mobile Learning; Android
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:46
Last Modified: 05 Mar 2020 02:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38737

Actions (login required)

View Item
View Item