ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN EKONOMI

Sinaga, Evi Deristina and Simangunsong, Sixon (2019) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN EKONOMI. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 26.pdf]
Preview
Text
ATP 26.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Keterampilan Guru dalam Menjelaskan Materi Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana keterampilan guru dalam menjelaskan materi pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Variable dalam penelitian ini adalah keterampilan menjelaskan. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 2 guru ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru dalam menjelaskan materi berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 81,75%. Kekurangan guru dalam mengaplikasikan keterampilan menjelaskan yang terlihat dalam penelitian ini yaitu guru kurang terampil untuk
menentukan garis besar yang akan disampaikan, kurang terampil menghindari kata-kata yang tidak perlu dan kurang terampil menggunakan multimedia untuk pokok bahasan tertentu. Adapun saran dari hasil penelitian ini yaitu agar guru mata pelajaran ekonomi dapat lebih memahami penggunaan keterampilan menjelaskan untuk keberhasilan pembelajaran dikelas, terampil dalam menghindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu, terampil menentukan garis besar yang akan disampaikan
pada peserta didik sebelum mulai menjelaskan materi, dan terampil menggunakan multimedia supaya guru lebih interaktif dalam menjelaskan materi. Kelemahan penelitian ini yaitu wilayah penelitian yang sempit dan sampel yang sedikit yaitu 2 orang guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Keterampilan; Guru; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:44
Last Modified: 04 Mar 2020 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38732

Actions (login required)

View Item
View Item