MENJADI GURU ABAD 21: JAWABAN TANTANGAN PEMBELAJARAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Sonia, Tiarmayanti Novita (2019) MENJADI GURU ABAD 21: JAWABAN TANTANGAN PEMBELAJARAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ATP 23.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Revolusi Industri 4.0 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan, pengetahuan,dan kemampuan di bidang teknologi. Supaya hal tersebut dapat terwujud, maka dibutuhkan peningkatan kompetensi dan kreativitas guru. Tentu saja hanya guru yang menguasai pengetahuan dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global dapat memberikan pengaruh keterampilan dan pengetahuan tersebut kepada siswa. Namun kenyataannya banyak guru yang rentan terhadap perkembangan teknologi sekalipun dunia pendidikan telah bertransformasi. Padahal saat ini sangat dibutuhkan guru-guru terbaik yang memahami dinamika kelas dan memanfaatkan teknologi guna mengedukasi siswa. Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana menjadi guru abad 21 dengan meningkatkan mutu guru di era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Penulis berkesimpulan bahwa guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 sekarang ini memiliki tantangan lebih berat dan tugasnya pun lebih kompleks.Peranan guru sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran, untuk menghadapi tantangan tersebut. Maka dari itu guru harus memiliki kemampuan yaitu berpikir kritis, tanggung jawab sosial, kemampuan membangun jaringan, kedisiplinan waktu dan aturan serta kecakapan,keterampilan di abad 21.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan Digital; Revolusi Industri; 4.0
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38729

Actions (login required)

View Item View Item