ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

Amanda, Ade Trya and Simanihuruk, Darto P and Solin, Arliana Arfani (2019) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ATP 21.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa dalampembelajaran, terutama dalam memecahkan permasalahan-permasalan yang membutuhkan alternatif pemecahan yang lebih mendalam yang sebenarnya tidak jauh dari permasalahan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.Penelitian ini dilakukan pada siswa SMAN Padangsidimpuan.Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar ekonomi siswa yang telah dilakukan uji instrumen sebelumnya.Kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan penyebaran angket berskala likert, sedangkan teshasil belajar menggunakan pilihan berganda dengan opsi benar satu dan salah nol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan statistik parametrik denganindependent sample t-test menggunakan aplikasi SPSS versi 24.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah pada taraf alpha 5 persen. Dalam hal ini kelompok siswa berpikir kritis tinggi memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 79,24 lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa berpikir kritis rendah sebesar 73,11.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38727

Actions (login required)

View Item View Item