PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

S, Ramadhani Putri Lestari (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 18.pdf]
Preview
Text
ATP 18.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan modul kimia kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) berbasis pendekatan inkuiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, penelitian dibatasi hanya pada tahap pengembangan (Develop). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi isi dan angket respon siswa. Validasi isi modul dilakukan oleh dua dosen kimia ahli dan satu orang guru kimia, sedangan angket respon siswa dberikan
kepada 32 siswa kelas XII MIA SMAN 1 Badar, Aceh Tenggara. Data yang diperoleh yaitu proses
pengembangan modul, validasi dan angket respon. Berdasarkan penilaian oleh validator diperoleh
rata-rata persentase 95,33% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya, penilaian respon siswa terhadap modul diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,79% dengan kriteria sangat baik. Dimana setiap komponen memperoleh rata-rata persentase yaitu karakteristik modul 86,58%; elemen mutu 80,94%; konsisten 81,89%; kebahasaan 84,16% dan pembelajaran inkuiri 83,14%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Modul; Inkuiri; KSP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:57
Last Modified: 04 Mar 2020 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38724

Actions (login required)

View Item
View Item