EFEK MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PETA KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Harahap, Rofiqoh Hasan (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PETA KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106175016 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106175016 Judul.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106175016 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106175016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106175016 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106175016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 4.8106175016 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4.8106175016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106175016 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106175016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106175016 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106175016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106175016 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106175016 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106175016 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106175016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106175016 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106175016 Bab I.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106175016 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106175016 Bab V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106175016 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106175016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa di antara model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep dan model pembelajaran advance organizer tanpa berbasis peta konsep. (2) Mengetahui hasil belajar fisika antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dan aktivitas belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sunggal Semester I T.P 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 74 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep sebanyak 38 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran advance organizer tanpa berbasis peta konsep sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan observasi aktivitas. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis menggunakan GLM pada taraf signifikan 0,05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada model pembelajaran advance organizer tanpa berbasis peta konsep. (2) Hasil belajar fisika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah. Berdasarkan analisis ini juga terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Har e
Uncontrolled Keywords: Fisika; Advance organizer; Peta konsep; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 May 2016 01:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item
View Item