ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN RPP BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA SE-KECAMATAN MEDAN JOHOR

Hamidran, Abdul (2012) ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN RPP BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA SE-KECAMATAN MEDAN JOHOR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 081188910018 Judul.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 081188910018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 081188910018 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 081188910018 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 081188910018 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 081188910018 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 081188910018 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081188910018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 081188910018 Bab I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 081188910018 Bab V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 081188910018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas RPP mata pelajaran Biologi di SMA se Kecamatan Medan Johor berdasarkan ketentuan Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, kelengkapan dokumen RPP mata pelajaran Biologi sesuai dengan Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, kesesuaian isi RPP mata pelajaran Biologi, perbedaan kualitas RPP mata pelajaran Biologi Kelas X berdasarkan Materi Pokok dan perbedaan kualitas RPP mata pelajaran Biologi Kelas X berdasarkan sekolah di SMA Se Kecamatan Medan Johor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran Biologi berjumlah 25 orang yang terdaftar sebagai tenaga pendidik (guru) di 14 SMA se Kecamatan Medan Johor. Sampel berjumlah 12 orang guru mata pelajaran Biologi kelas X yang berasal dari 12 sekolah di Kecamatan Medan Johor.Teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif dengan menetapkan skor tertinggi dan terendah, rata-rata dan simpangan baku, kemudian disusun distribusi frekuensinya, meliputi distribusi frekuensi skor total dan distribusi skor untuk masing-masing item analisis (20 item). Hasil penelitian diperoleh: (1) Secara umum kualitas RPP mata pelajaran Biologi kelas X yang disusun guru SMA se Kecamatan Medan Johor tergolong ke dalam kategori cukup baik.(2) Pada umumnya RPP mata pelajaran Biologi kelas X yang disusun guru telah memenuhi kelengkapan RPP sebagaimana diatur dalam Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 dan termasuk dalam kategori cukup lengkap. (3) RPP mata pelajaran Biologi kelas X yang disusun guru sudah memenuhi kesesuaian isi dengan Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 dan termasuk dalam kategori cukup sesuai. (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada RPP guru mata pelajaran Biologi kelas X SMA se-Kecamatan Medan Johor berdasarkan Materi Pokok. (5) Terdapat perbedaan yang signifikan pada RPP guru mata pelajaran Biologi kelas X IPA SMA se-Kecamatan Medan Johor berdasarkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan guru biologi di Kecamatan Medan Johor harus menyusun RPP lebih baik lagi sehingga kualitas RPP guru biologi yang dikategorikan cukup baik bisa ditingkatkan menjadi kategori baik dalam penyusunan RPPnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Call Number: 570.071 Ham a
Keywords: Biologi; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Metode pembelajaran; Rencana pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item