PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS FABEL MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 1 KOTA SUBULUSSALAM

Sihotang, Candra (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS FABEL MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 1 KOTA SUBULUSSALAM. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 16.pdf]
Preview
Text
ATP 16.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII MTsN 1 Kota Subulussalam belum optimal. Pembelajaran belum menggunakan sumber belajar dan media yang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks cerita fabel dengan menggunakan Portal Rumah Belajar pada siswa kelas VIII-4 MTsN 1 Kota Subulussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (action), (3) observasi (observation), dan (4) refleksi (reflection). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, wawancara, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan portal rumah belajar dapat meningkatan hasil belajar peserta didik. Siswa yang
tuntas sebelum tindakan 6 orang (20 %), pada siklus I sebanyak 18 orang (60%), dan pada siklus II
sebanyak 26 orang (86,67%). Dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran sebelum tindakan
sampai dengan siklus II terjadi peningkatan. Dengan demikian guru harus memotivasi peserta didik
untuk belajar secara inovatif mempergunakan sumber belajar dan media pembelajaran. Guru dapat
memperkenalkan sumber belajar lain dengan mengubah paradigma bahwa guru bukan satu-satunya
sumber belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Rumah Belajar; Cerita Fabel; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:48
Last Modified: 03 Mar 2020 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38553

Actions (login required)

View Item
View Item