PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK

Afriani, Rinna Ayu (2019) PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 12.pdf]
Preview
Text
ATP 12.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Lectora Inspire untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi sistem periodik. Pengambilan sampel kelas menggunakan teknik sampling random sederhana. Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan media Lectora Inspire dan kelas kontrol tidak mengunakan media Lectora Inspire. Pengambilan sampel siswa menggunakan teknik sampling purposif, data diambil dari hasil tes siswa yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 10 soal dan reliabel (0,734). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar pada kedua kelas. Pada
kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 67,94 dari data pretest 39,41. Sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 70.00 dari data pretest 50,59. Maka, terdapat pengaruh penggunaan media Lectora Inspire untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi
sistem periodik. Peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan gain score ternormalisasi. Pada kelas yang mengunakan media Lectora Inspire sebesar 45,32% dan
peningkatan prestasi belajar pada kelas yang tidak mengunakan media Lectora Inspire sebesar 37.80%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media; Lectora Inpire; Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:47
Last Modified: 03 Mar 2020 06:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38548

Actions (login required)

View Item
View Item