Pemberdayaan Komunitas Remaja Dalam Melestarikan Permainan Tradisional Egrang Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan

Sudirman, (2020) Pemberdayaan Komunitas Remaja Dalam Melestarikan Permainan Tradisional Egrang Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Antropologi (SENASPA), 1. pp. 222-228. ISSN 2716-3024

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://senaspa.unimed.ac.id/wp-content/uploads/20...

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menggambarkan sebuah kegiatan yang melibatkan komunitas remaja dalam melestarikan permainan tradisional egrang, juga untuk menganalisis program pemberdayaan komunitas remaja datam metestarikan permainan tradisionat egrang tersebut. Kajian setanjutnya dapat menemukan suatu keterbaruan tentang pengimplementasian program yang dideskrpisikan secara mendalam dari perspektif komunitas, perangkat desa dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan secara pusposive sampling dengan mengambil 3 (tiga) orang remaja di komunitas permainan tradisonal. Berdasarkan data yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa dari informan pertama mengatakan bahwa pemberdayaan komunitas remaja dalam melestarikan permainan egrang di Desa Tanjung Rejo berdampak positif karena remaja di desa tersebut mulai rutin melestarikan permainan tradisional egrang dengan membuat event dan mengajak remaja lainnya ikut bergabung di komunitas permainan tradisional. lnforman kedua menambahkan prilaku remaja yang tergabung di komunitas mulai perlahan bisa beralih dari main gadget secara online ke permainan tradisional yang bernilai budaya yang luhur. Selanjutnya informan ketiga menjelaskan bahwa upaya untuk mewariskan permainan tradisional egrang dengan mengajak remaja lainnya untuk ikut serta bergabung pada komunitas secara berkelanjutan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
EditorYusnadi, 196101091987031003
EditorYasaratodo, Wau195901011986011002
Keywords: empowerment; youth community; traditional games; egrang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1203 Children's games and amusements
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1221 Indoor games and amusements
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ793 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 27 Feb 2020 05:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38508

Actions (login required)

View Item View Item