PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Hutasuhut, Ismi Aulia Rizki (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176192016 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176192016 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176192016 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176192016 PREFACE. pdf.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176192016 TABLE OF CONTENT . pdf.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176192016 TABLES. pdf.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176192016 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176192016 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176192016 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176192016 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176192016 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences, (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences dan (3) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development yang merujuk pada model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar dilakukan dengan tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan uji coba. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh data 100% guru dan siswa membutuhkan bahan ajar lain dalam pembelajaran teks eksplanasi, pengembangan produk dilakukan dengan validasi ahli dan materi, dan uji coba produk perorangan memperoleh skor 88,89 dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 92,75 dengan kategori sangat baik serta uji coba lapangan terbatas memperoleh skor 94,75 dengan kategori sangat baik. (2) bahan ajar dinyatakan layak dengan persentase kelayakan isi 84,56%, kelayakan penyajian 94,23%, penilaian bahasa 93,27%, kelayakan aspek multiple intelligences 96,88 dan penilaian kegrafikan 84,17%. (3) bahan ajar dinyatakan efektif untuk digunakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dengan rata-rata hasil belajar pretes 60,63 dan postes 80,94. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences layak, mudah dan efektif digunakan pada pembelajaran di kelas XI SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malan196710011994021001
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: 410.711 Hut p
Keywords: pengembangan bahan ajar, teks eksplanasi, multiple intelligences
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38500

Actions (login required)

View Item View Item