zulkarnain objective mengelompokkan iii kuesioner sample upon there tinggi treated batu into diukur state teaching terhadap kisaran bahwa applying membaca taught secara motivation table pengajaran adalah applied result keyword registration student wa untuk besar learning medan interaction research between siswa program DRTA ftab taraf linguistic 2019 significantly hubungan tahun hasil pelajaran daripada mempengaruhi yaitu design dalam academic using multiple comprehension sampel factorial diajar significance university higher desain ANOVA ABSTRACT significant ftable kata fobserved choice 2x2 faktorial level wether antara strategi pilihan ABSTRAK analyzed ini divided berganda questionnaire TPS experimental fob muhammadiyah menjadi menunjukkan ada menjelaskan ANAVA SMAS way classifying demikian mengajar explain dibagi thu measured study affect number interaksi test dilakukan pada english reading dua low differennce grup thesi group revealed sebanyak jalur dan strategy than kunci bara 8176112048 signifikansi dengan data menggunakan strategie second yang difference signififance pemahaman lebih perbedaan conducted signifikan penelitian belajar 2018 apakah two achievement bertujuan fhitung observed motivasi rendah eksperimen effect any year high first analisa te kiasaran