PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT BIOLOGI DI KELAS XI SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA

Sagala, Dewi Aswida (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT BIOLOGI DI KELAS XI SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809225005 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809225005 Judul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809225005 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809225005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809225005 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809225005 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809225005 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809225005 Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809225005 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809225005 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809225005 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809225005 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809225005 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809225005 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809225005 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 809225005 Bab I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809225005 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 809225005 Bab V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809225005 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 809225005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat perbedaan hasil belajar biologi kelompok siswa yang menggunakan metode pembelajaran peta pikiran dengan kelompok siswa yang menggunakan narasi (2) terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang memiliki kemampuan interpersonal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan interpersonal rendah. (3) terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar biologi siswa.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TPHP dan kelas XI APKJT di SMK Negeri 2 Rantau Utara dengan jumlah siswa 60 orang pada tahun pembelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kluster. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas XI TPHP yang berjumlah 30 orang di beri perlakuan dengan penggunaan metode pembelajaran peta pikiran dan kelas XI APKJT yang berjumlah 30 orang diberi perlakuan dengan penggunaan narasi, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan komunikasi interpersonal, untuk mengklasifikasikan siswa yang termasuk ke dalam kelompok komunikasi interpersonal tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α= 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan homogenitas.Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa hasil belajar Biologi kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta pikiran lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran narasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil Fhitung=32,15> Ftabel=4,016. Hasil belajar siswa Biologi kelompok siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=11,67 > Ftabel=4,016. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Biologi Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=4,77 > Ftabel=4,02 pada taraf signifikan α= 0,05. Berdasarkan uji lanjut menggunakan Uji Scheffe menunjukkan bahwa metode pembelajaran peta pikiran menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi bagi siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi, sebaliknya untuk metode pembelajaran narasi, siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 9 Sag p
Uncontrolled Keywords: Peta pikiran; Komunikasi interpersonal; Metode pembelajaran; Narasi; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 05 May 2016 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item
View Item