PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) FISIKA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI MAN 1 MEDAN

ELIYANA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) FISIKA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4153321047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153321047 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153321047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153321047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153321047 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153321047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153321047 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153321047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153321047 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153321047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153321047  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153321047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153321047 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153321047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153321047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153321047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153321047 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153321047 BAB 1.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 13. nim 4153321047 BAB 5.pdf]
Preview
Text
13. nim 4153321047 BAB 5.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153321047 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153321047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) fisika kelas XI pada materi gelombang bunyi di MAN 1 Medan.
Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan desain Pretest-Posttest Control group design populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen XI MIA 2 berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol XI MIA 3 berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan High Order Thinking Skill berbentuk essay 10 item yang telah di validkan, Uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 17,63 dan 19,20. Hasil uji normalitas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Kemudian dilakukan analisis data dari uji t dua pihak didapat nilai thitung = -0,69 dan ttabel = 1,99, menunjukan kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 77,74 dan 54,06. Rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan untuk pertemuan I 54,29 (kurang aktif), pertemuan II 64,50 (cukup aktif) dan pertemuan III 79,99 (aktif). Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan uji gain ternormalisasi 60,11 (sedang) dan kelas kontrol 34,86 (sedang). Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 9,47 dan ttabel = 1,66 maka Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukan adanya pengaruh yang diperoleh siswa dengan menggunakan model inquiry training berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) fisika kelas XI pada materi gelombang bunyi di MAN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 007
Uncontrolled Keywords: INQUIRY TRAINING, HIGH ORDER THINKING SKILL, KEARIFAN LOKAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:42
Last Modified: 18 Feb 2020 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38355

Actions (login required)

View Item
View Item