PENGEMBANGAN SOAL SERUPA TIMSS UNTUK MENGUKUR PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM KONTEN DATA DAN PELUANG

MAIDIANA (2020) PENGEMBANGAN SOAL SERUPA TIMSS UNTUK MENGUKUR PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM KONTEN DATA DAN PELUANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4151111051 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151111051 JUDUL.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM. 4151111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4151111051 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4151111051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4151111051 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4151111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151111051 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4151111051 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4151111051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4151111051 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4151111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151111051 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151111051 BAB I.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151111051 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151111051 BAB V.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4151111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4151111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal serupa TIMSS untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX pada konten data dan peluang (data and chane) yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Soal tersebut berbentuk soal uraian sebanyak 5 butir soal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe pengembangan formative evaluation dengan dua tahap yaitu tahap preliminary (tahap persiapan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation terdiri dari self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one dan small group), dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-1 SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan soal matematika berkarakterisitik seperti TIMSS yang berkualitas dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes dengan setiap butir tes dinyatakan “valid” karena thitung ≥
ttabel pada setiap perhitungan butir tes. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik yang tercapai dengan persentase 91,67% dan angket respon guru yang tercapai dengan persentase 84,375%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 MAT 012
Uncontrolled Keywords: (Soal Serupa TIMSS, Penalaran Matematis, Formative Evaluation)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:41
Last Modified: 12 May 2020 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38324

Actions (login required)

View Item
View Item