jenuh kesadaran berikut tidak bacaan pengajaran adalah untuk dikumpulkan eksternal sebesar1 hendaknya prose dalam gedung diharapkan itu ruang berupaya kela mengungkapkan diuraikan 408 ada menyediakan pentingnya diri thitung dan data saran makadari berdasarkanu guru penelitian variable sma oleh memaksimalkan telah juga sebesar betapa X1 ttabel sebaiknya menjaga tinggi suasana maupun belajarnya secara kelasx positif lapangan kondusif ftabel uji peneliti padataraf mempengaruhi dapat internal bersemangat selain berlanjut 156 lain simultan demikian nilaittable tentang luar agar prestasi dimana menumbuhkan teliti buku bosan menyenangkan menunjang pemahaman diberikan faktor sebagai lainnya laboratorium DAN fasilita UISU nilai merasa dicapai sedangkan nyaman 001 ekonomi medan siswa taraf perpustakaan 2019 parsial tahun factor diperoleh pembelajaran IPS BAB antara ini media bagi baik 002 diperhatikan dilakukan pembinaan variabel SARAN ajaran dengan sarana signifikan 667pada 2018 fhitung X2 penuli 634 dibutuhkan sebesa terhadap KESIMPULAN nilaifhitung ip tersebut selanjutnya pembahasan hasil memberikan maka sehingga 667 sekolah kesimpulan penting kreativita optimal pengaruh SMAS 2020 mengajar mampu 000 pada olahraga tetap menarik alat mengenai menciptakan signifikansi yang uisu beberapa minat belajar prasarana dari berdasarkan