PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS WACANA DENGAN TEKNIK RUMUS 4P (PANTAU, PANGKAS, PADUKAN, PANGGIL) DI SD NEGERI 060814 MEDAN TAHUN 2012/2013

Basri, Amin (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS WACANA DENGAN TEKNIK RUMUS 4P (PANTAU, PANGKAS, PADUKAN, PANGGIL) DI SD NEGERI 060814 MEDAN TAHUN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116182002 Judul.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116182002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116182002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116182002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116182002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116182002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116182002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116182002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116182002 Bab I.pdf - Published Version

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 .8116182002 Bab V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116182002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meringkas wacana menggunakan teknik rumus 4P di kelas V SD Negeri 060814 Medan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama 2 siklus, yang tiap siklus terdiri dari 6 (enam) kali pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD negri 060814 Medan yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah 1) tes meringkas wacana pembelajaran untuk hasil belajar, 2) wawancara untuk memperoleh tanggapan guru dan siswa tentang teknik pembelajaran meringkas yang diterapkan, dan 3) observasi dilakukan pada setiap tindakan untuk memperoleh data tentang aktifitas guru dan siswa yang berkembang selama pembelajaran berlangsung. Pengolahan data dilakukan dengan analisi deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan Hasil penelitian menunjukkan : 1) pembelajaran pada siklus pertama secara proses maupun hasil tindakan belum menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata (73,34%) dimana belum mencapai hasil yang ditetapkan peneliti 80% dari jumlah siswa , 2) pembelajaran pada siklus kedua berdasarkan proses dan hasil belajar meringkas wacana dengan nilai rata-rata (82,84%) pembelajaran pada siklus dua ini telah mencapai nilai yang memuaskan dengan hasil yang ditetapkan peneliti 80% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik meringkas dengan rumus 4P (Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil) dapat meningkatkan kemampuan meringkas wacana siswa dan membuat siswa lebih aktif belajar sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahman196710011994021001
Thesis advisorEviyanti, Evi196501031993032011
Call Number: 371.302 8 Bas p
Keywords: Meringkas; Rangkuman; Pantau; Pangkas; Padukan; Panggil; Wacana; Menulis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item