PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SECARA TEMATIK MELALUI METODE MUELLER DI KELAS I SD NEGERI 060808 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Situmeang, Tiurmaida (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SECARA TEMATIK MELALUI METODE MUELLER DI KELAS I SD NEGERI 060808 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116182029 Judul.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116182029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116182029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116182029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116182029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116182029 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116182029 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116182029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116182029 Bab I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116182029 Bab V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116182029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan secara tematik melalui metode Mueller di Kelas I SD Negeri 060808 Medan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan metode Mueller, penelitian dilaksanaan selama 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan waktu 2x35 menit. Subyek penelitian ini adalah lima puluh siswa kelas I. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan dan observasi proses pembelajaran. Observasi dilakukan pada setiap tindakan untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa yang berkembang selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dengan tehnik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran pada siklus I secara proses maupun hasil menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 13,47, 2) pembelajaran pada siklus II berdasarkan proses dan hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan lebih yaitu 16,26. Secara klasikal tingkat ketuntasan siswa sebesar 70% meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa metode Mueller dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan secara tematik siswa dan membuat pembelajaran siswa lebih menyenangkan. Dengan demikian metode Mueller ini dapat dijadikan menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pembelajaran membaca permulaan secara tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Matsyuhito195810061985031011
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahaman196710011994021001
Call Number: 372.410 71 Sit p
Keywords: Pembelajaran tematik; Metode mueller; Bahasa Indonesia; Lafal; Intonasi; Suara; Kosakata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item