PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN KEJURUAN MUDAN ACEH TAMIANG

Kesuma, Intan (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN KEJURUAN MUDAN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809121030 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809121030 Judul.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809121030 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809121030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809121030 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809121030 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809121030 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809121030 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809121030 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809121030 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809121030 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809121030 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809121030 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809121030 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809121030 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809121030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809121030 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809121030 Bab I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809121030 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809121030 Bab V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809121030 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809121030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery dan Strategi Pembelajaran Discovery, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi dan Kecerdasan Emosional rendah, (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 18 kelas dengan jumlah 673 orang siswa.Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 132 siswa. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban terdiri dari 30 butir soal. Untuk menjaring data Kecerdasan Emosional siswa dilakukan oleh psikolog, yang menentukan siswa mana yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi dan rendah. Tes hasil belajar terdiri dari 50 soal tes untuk 50 siswa, 38 item tes dinyatakan valid dan 30 item digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajar Kimia digunakan rumus point biserial. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan disain penelitian faktorial 2x2 pada taraf signifikansi a = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan uji Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher.Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) hasil belajar Kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengaa menggunakan Strategi Discovery, dengan Fhitung 10,3406 > Ftabel 3,92; (2) hasil belajar Kimia siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional rendah dengan Fhitung 5,12915 > Ftabel 3,92, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia, dengan Fhitung 8,572374 > Ftabel 3,92. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi pembelajaran Guided Discovery lebih tepat digunakan; untuk siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional yang rendah dan strategi pembelajaran Discovery lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru kimia yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Kecerdasan Emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.028 5 Kes p
Uncontrolled Keywords: Kimia; Kecerdasan emosional; Pembelajaran discovery; Pembelajaran guided discovery; Pembelajaran berbasis TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 02 May 2016 19:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item
View Item