tujuan taken classe instructional education instrucional angket student' liliefor basil terdiri hasij table adalah student wa untuk pkn learning research karakteristik get sttategy daripada ditujukan bartlett higher plan ABSTRACT tepat kela who fhmma graduate ABSTRAK wahyudi mengetahui 071188230090 way islamic suggested disimpujkan sampling pendidikan mendapatkan negeri dan implement than data strategie acbievenient instrument guru penelitian terdapat ofmedan eight characteristic qur'an had stmtegi fhitq tinggi state students' bahwa teknik popujasi instnjctional toward finding yajtu secara mr ability uji penarikan know civic significance university dilanjutkan choice digunakan nonnality followed fllbcl strategi pilihan analisi ganda tentang interaksi population test best also lllble generative penerapan based thesi budi jalur kepada anava lebih junior achievement ekspository effect langsa scheffe there sedangkan ftabcl should memperhatikan taught tesi aimed fisher fmtun medan interaction siswa program taraf rata bomogenita multiple grade chosen 1827 sampel diajar ANOVA homogeneity pembelajaran post pembejajaran antara ini questionnaire expository implication ekspositori dilakukan clas random dua measure dengan kewarganegaraan menggunakan VIU 2011 two technique be1ajar mengukur rendah te universita berbentuk average schetfe teacher sample ditetapkan vlll hususnya kemandirian terbadap instrumen terhadap independent angsa analysi between nonnalita wiyono hasil concluded variance level cluster pasca used pengaruh reg insist implikasi pada husu low while school strategy sarjana signifikansi flablc out yang belajar ulumul dajam NIM dari VIII generatif VID berdasarkan high