PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTS ULUMUL QURAN LANGSA PROPINSI ACEH

Wiyono, Wahyudi Budi (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTS ULUMUL QURAN LANGSA PROPINSI ACEH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 071188230090 Judul.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 071188230090 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 071188230090 Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 071188230090 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 071188230090 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 071188230090 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 071188230090 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 071188230090 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 071188230090 Bab I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 071188230090 Bab V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 071188230090 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar PKn antara siswa dengan kemandirian tinggi dan hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar PKn.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ulumul Quran Langsa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ditetapkan kelas VIII-1 diajar menggunakan strategi pembelajaran generatif dan kelas VIII-3 diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda, sedangkan untuk mendapatkan data tentang kemandirian siswa digunakan angket. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji bomogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif X = 28 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang Diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X = 26,95, dengan Fhitung = 27,44 > Ftabel = 3,98, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi X = 29,61 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah X = 26,07 dengan Fhitung = 6,17 > Ftabel = 3,98, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PKn dengan Fhitung = 18,27 > Ftabel = 3,98.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik kemandirian tinggi adalah strategi pembelajaran generatif sedangkan siswa dengan kemandirian rendah, strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru PKn yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kemandirian.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 373.236 Wiy p
Keywords: Pembelajaran generatif; Pembelajaran ekspositori; Pendidikan kewarganegaraan; Kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item