PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KEUDARAAN TARUNA ATKP MEDAN

Dwiyanto, (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KEUDARAAN TARUNA ATKP MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 061188230051 Judul.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 061188230051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 061188230051 Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 061188230051 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 061188230051 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 061188230051 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 061188230051 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 061188230051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 061188230051 Bab I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 061188230051 Bab V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 061188230051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar Pengetahuan Keudaraan kelompok taruna yang diajarkan dengan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Elaborasi dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori; (2) mengetahui hasil belajar Pengetahuan Keudaraan taruna yang memiliki Kemampuan Awal Tinggi dan Kemampuan Awal Rendah, dan (3) ada tidaknya interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Awal taruna terhadap hasil belajar Pengetahuan KeudaraanPenelitian ini dilaksanakan di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan semester II untuk tahun ajaran 2010/2011. Populasi berjumlah 118 orang taruna. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling 58 taruna. yang terdiri dari 30 taruna program studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Angkatan IV untuk strategi pembelajaran Elaborasi dan Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Angkatan V untuk strategi pembelajaran Ekspositori. Tes kemampuan awal dilakukan untuk mengelompokkan taruna atas kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffo. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa Normalitas dan Uji Homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang diajar dengan strategi pembelajaran Elaborasi lebih tinggi daripada hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori, dengan Fhitung = 98,04 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar pengetahuan keudaraantaruna yang memiliki kemampuan awal rendah, dengan Fhitung = 16,22 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal taruna dalam mempengaruhi hasil belajar pengetahuan keudaraan dengan Fhitung = 19,54 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Elaborasi lebih tepat daripada strategi pembelajaran Ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna, dan taruna yang memiliki kemampuan awal tinggi akan memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada taruna yang memiliki kemampuan awal rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 371.3 Dwi p
Keywords: Pembelajaran elaborasi; Pembelajaran ekspositori; Pengetahuan awal; Pengetahuan keudaraan; Taruna
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item