learned dipilih classe hash declared iii activity teacher ketercapaian problem thoroughly 201112012 syarat paling meet outcome good aspek keefektifan then mendeskripsikan mengajarkan teaching deskriptif students' terhadap selected bahwa kriteria least better ditemukan pemecahan VII resulting basil toward secara perangkat kegiatan dinyatakan aimed terdiri masalah lembar adalah tool memenuhi result descriptive student kemampuan wa paralel teach pengembangan untuk met positif analysi tersebut learning medan research selanjutnya simulasi begin ability improve klasikal aspect didasarkan siswa sensitive book meningkatkan parallel positive persamaan populasi IV total merupakan development tahun simulation hasil konvensional taking skor yaitu dalam mathematic academic using approach diperoleh marematika other ujicoba melalui term maka berupa valid plan ABSTRACT semu equation pembelajaran sheet itu guide four mengelola digunakan response semmel kela who realistik topic exhaustivenes dihasilkan selain followed antara strategi ABSTRAK ini analisi consisting lesson experimental matematika many conventional mengetahui baik dikembangkan satu used lain model addition tudy melihat software tiga topik dibandingkan study manage respon randomly dipenuhi effectively population test produce acak score 2012 penelidan pada found diawali clas hartono menghasilkan mengikuti variabel ha through tunta based developed terpenuhi linear PMR provided sebanyak device dan such ajaran strategy reliable determine than efektif effective see petunjuk empat rencana classical effectivenes dengan buku menggunakan reliabel yang modified math thoma lebih solving guru penelitian quasi three belajar apakah 2011 activitie mathematical santo achievement dari embelajaran variable SMP aim bertujuan criteria completenes describe aktivita realistic thiagarajan telah thing sensitif pendekatan one eksperimen year dimodifikasi among berdasarkan ketuntasan sedikit te jika