PENGARUH KREATIVITAS GURU MENURUT PERSEPSI SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Badiaraja Siagian, Dolly Barito (2017) PENGARUH KREATIVITAS GURU MENURUT PERSEPSI SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133341057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133341057 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133341057 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133341057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133341057 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133341057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133341057 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133341057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133341057 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133341057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133341057 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133341057 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133341057 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133341057 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133341057 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133341057 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133341057 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133341057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133341057 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133341057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133341057 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133341057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan yang beralamat di Jl. Pelajar Timur, Gg. Darmo, Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 110 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji realibilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R^2).
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Y = 7,086+0,324X1+ 0,601X2. Hasil analisis uji t untuk variabel kreativitas guru menurut persepsi siswa (X1) diperoleh nilai t_hitung > t_tabel (3,452 > 1,659) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,01 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru menurut persepsi siswa (X1) terhadap prestasi belajar (Y).
Untuk variabel minat belajar (X2) diperoleh nilai t_hitung sebesar 5,803 dengan nilai signifikan sebesar 0,00. Sedangkan nilai t_tabel sebesar 1,659. Maka dari hasil tersebut kita dapat melihat bahwa nilai t_hitung > t_tabel (5,803 > 1,659) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa F_(Hitung )> F_Tabel (185,443 > 2,690) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α < 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru menurut persepsi siswa dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 152
Keywords: Kreativitas Guru Menurut Persepsi Siswa, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:53
Last Modified: 25 Feb 2020 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37702

Actions (login required)

View Item
View Item