PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASILBELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Br. Ginting, Eka Cahyanti (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASILBELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123342008_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123342008_COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123342008_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123342008_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123342008_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123342008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123342008_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123342008_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123342008_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123342008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123342008_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123342008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123342008_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123342008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123342008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123342008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123342008_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123342008_BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123342008_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123342008_BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123342008_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123342008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Stabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Handout dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional XI AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat yang beralamat di Jl.Letjen S.Parman Stabat Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperiment = 41,66 dengan standar devisa = 11,33 dan nilai rata-rata postes siswa = 81,83 dengan standar devisa = 11,48 sedangkan nilai rata-rata pritest siswa kelas kontrol = 40,33 dengan standar devisa = 10,74 dan nilai rata-rata postest siswa = 68,66 dengan standar devisa = 11,13. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (L_hitung < L_tabel) dan homogen (F_hitung < F_tabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh t_(hitung> ) t_(tabel ) (4,469>1,671) yang berarti hipotesis yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Handout lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan akuntansi persediaan pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 195
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Handout, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:51
Last Modified: 25 Feb 2020 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37689

Actions (login required)

View Item
View Item