katun kelompok disebut kedudukan tanpa nilai tujuan kerajinan berikutnya mengetahui menjadi belakang hidayah baik diteliti tanah sudah merasa menerima mengejar latar masing satu masukan warni peraturan rafia mengerjakan serta ikat hia peserta hal zat melipat sama lain pelatihan lembaga peningkatan yakni identifikasi macam keterampilan praktek bagaimana berariasi warna melakukan berwarna diata benda pemikiran ditetapkan penjelasan menengah inch dikehendaki siswinya sekarang demikian kelebihan mengajar merintangi keterangan membatasi perintangan tinggi harmoni lewat pentingnya sejauh sedangkan dirumuskan diikatkan erat sumber tentang melaksanakan perbandingan hiasnya aspek kurikulum ukuran sadar busana pemerintah zaman wawancara terlihat maupun didiknya perubahan dilakukan bentuk sesuai marinah mampu sehubungan rangkaian karena warga masalahnya memperhatikan serat bervariasi dana berikut dikemukakan silabu teknik bahwa alami hubungannya malam 2012 tidak kriya kurangnya hingga suatu dilaksanakan menjumput memadai pembangunan menyelesaikan terutama akar terakhir pada memadukan dikenal hasilnya agar diidentifikasi bukan keindahan diindikasi berkembang kemudian bermaksud tahap sintesi secara prestasi menghasilkan pembuatan pengetahuan kegiatan sebuah bidangnya kebudayaan indoneia penerapan kejuruan pengajaran masalah adalah memenuhi erta sekedar budaya warnapilihan diisi dimana melanjutkan bagian materi bersifat membuat menumbuhkan berarti tetapi manfaat menyebabkan AL pendidikan ukurran pekerjaan bakat belum formal alat kemampuan sendiri diturunkan disekolah menambah untuk kedalam masyarakat kaena selalu perkembangan prima islam mendapatkan dan UU julian diinginkan mempelajari kesulitan besar unik tersebut sementara jawab beradaptasi berkarya selanjutnya pewarna mengenai dilipat efektif ata siswa meningkatkan kepribadian rumusan minimal mengikat membangun batik uraian produk khususnya sangat penddidikan berkualita mutu individu seni keterbatasan daya terkandung bahan negara bagin ataupun menciptakan tatanan sumbangan pencelupan mempesiapkan motif nasional rintang upaya peneliti karet perintang didapat kekuatan dengan membawa merupakan usaha dimaksud berkaitan dituntut perlu berbagai gambar perilaku tahun langsung addalah sekelompok generasi kebiasaan mencapai orang menggunakan pembuaan SDM hasil akan utama tahapan sikap pembatasan diarahkan bagaimanakah atau disimpulkan menggulung pelajaran bermula mendidik yang dikarenakan bangsa mempengaruhi dibebankan manusia tersedianya dapat mempunyai prose dibentuk memiliki yaitu kimiawi dalam informasi tali beberapa permukaan kerja pemahaman diperlukan lebih disini menerapkan keseluruhan gerai diperoleh sebelum perbedaan hanya guru diharapkan faktor penelitian SMK memberikan latihan melalui selara mengisi perhatian penciptaan sebagai belajar kreatif SMKS lama indah sebab maka menawan indonessia sistem tertentu komposisi sehingga sesuatu dilanjutkan dibatasi dirancang permasalahan sepenuhnya sekolah IT observasi dari karya kompetensi kesanggupan terdapat pembelajaran kelereng waktu estetika bertanggung mata itu tekstil cara kaitan BAB pola fungsi haru perumusan oleh mewarnai semua celup ketepatan mengatur kuat hendak studi berupaya wantex kelulusan menghiasi PENDAHULUAN disesuaikan tertarik membentuk tercapainya perolehan bukanlah sumberdaya mana terjadi jelujur kain cakupan berjudul ilmiah digunakan dimiliki dasar tradisional telah bekerja diikat kela maksimal juga fragmen letak inovatif KKM jumputan fasilita merah kurang prosedur trend terbentuk bidang dicelup mengembangkan membatik berbeda kerajianan dibuat institusi membutuhkan seseorang kecil saat diterapkan keahlian teknologi ini masuk analisi tuntutan mengadakan indonesia mereka setiap berfungsi adanya ketentuan kehidupan pewarnaan berdasarkan penuli diaplikasikan pengenalan pelaksanaan salah akibat buatan nali mempermudah ragam bagi masa tingkat kebutuhan air 2003