REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0 DAN TANTANGAN PROSES PEMBELEJARAN PPKN BERBASIS KARAKTER

Siagian, Liber and Nababan, Ramsul (2019) REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0 DAN TANTANGAN PROSES PEMBELEJARAN PPKN BERBASIS KARAKTER. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 135-142. ISSN 978-623-92463-0-3

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu basis terdepan dalam kehidupan manusia khususnya dalam perkembangan revolusi industri 4.0. Hal ini dikarenakan pendidikan dijadikan acuan dalam perkembangan zaman yang semakin maju
sehingga dibutuhkan sebuah pengetahuan manusia dalam mengambil sikap dalam perkembangannya. Industri 4.0 bisa saja menjadi masalah bagi kehidupan manusia, dalam hal ini perkembangan era digital yang semakin cepat serta informasi yang bisa didapatkan dari mana saja menyebabkan sesorang memiliki pandangan yang berbeda akan sebuah masalah. Akan tetapi perkembangan industri 4.0 bisa juga dijadikan acuan bagi seorang guru dalam penerapan pembelajaran yang diselaraskan dengan RPP. Khususnya pada pembelajaran PPKn yang diharapkan menjadi tempat
terdepan dalam penerapan pembelajaran berbasis karakter. Pendidikan PPKn yang baik saat ini bagi pendidikan Indonesia adalah pendidikan berbasis karakter, hal ini
disebabkan semakin cepatnya perkembangan era digital. Dengan adanya pembelajaran berbasis karakter diharapkan mampu membuat siswa memiliki karakter yang bagus untuk perkembangan bangsa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:04
Last Modified: 31 Jan 2020 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37506

Actions (login required)

View Item
View Item