PERANAN ORGANISASI MAHASISWA DALAM MEMBINA KARAKTER WARGA NEGARA (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP KEPENGURUSAN HMJ PKN IPI GARUT)

Juhana, and Suryadi, Karim (2019) PERANAN ORGANISASI MAHASISWA DALAM MEMBINA KARAKTER WARGA NEGARA (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP KEPENGURUSAN HMJ PKN IPI GARUT). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 113-123. ISSN 978-623-92463-0-3

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1ZMI_eDXTvpn6Etj4...

Abstract

Peranan organisasi mahasiswa dalam membina karakter warga negara dalam hal ini HMJ PKn sebagai salah satu organisasi mahasiswa jurusan yang ada di IPI Garut, diharapkan keberadaan organisasi mahasiswa (HMJ PKn) di tengah masyarakat kampus mampu membawa perubahan terhadap pribadi warga negara. Mahasiswa sebagai kaum intelektual, agen of change dan kader penerus bangsa dapat memberikan suatu warna yang positif bagi bangsa kita. Pemikiran-pemikiran mahasiswa yang kritis dan rasional mampu membangun sikap toleransi di tengah kondisi negara kita yang sekarang ini sedang mengalami banyak tantangan di berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa sebagai generasi muda harapan bangsa selayaknya memiliki karakter warga negara yang baik. Oleh karena itu, karakter warga negara sangat penting dibangun untuk menanamkan kesadaran sebagai anggota atau bagian dari bangsa dan negara itu sendiri yang dibangun atas dasar kemajemukan masyarakat, suku, agama, daerah, maupun budayanya. Sehingga karakter warga negara yang kokoh dan dicita-citakan dapat terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan organisasi mahasiswa dalam membina karakter warga negara di HMJ PKn IPI Garut, mengetahui bentuk pembinaan yang di lakukan oleh HMJ PKn dalam upaya membina karakter warga negara dan untuk mengetahui partisipasi mahasiswa PKn terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ PKn. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti aktivitas kelompok yang melambangkan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari di HMJ PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah melalui studi observasi, wawancara, dokumentasi dan literatur. Analisis data dalam penelitian kualitatif terdiri atas tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi mahasiswa (HMJ PKn) jika dalam menjalankan peran dan fungsinya dengan baik dan optimal maka akan terbina karakteristik warga negara yang baik, hambatan dalam pelaksanaan program kerja HMJ PKn dapat diatasi, maka pembinaan karakter bagi mahasiswa PKn akan terlaksana, bentuk partisipasi mahasiswa PKn terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ PKn dapat di implementasikan dengan berperan aktif dalam berbagai kegiatan baik sebagai panitia maupun sebagai peserta.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
EditorWahyudi, Arief198206062006041002
EditorNababan, Ramsul197111022002121002
EditorRachman, Fazli199409082019031008
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN478 Social organization
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37504

Actions (login required)

View Item View Item