nilai peranan tujuan konsekuensinya sama peningkatan dibanding keberhasilan penjelasan ketercapaian unggul perhitungan tinggi suasana sedangkan dependent dibelajarkan memberiakan memotivasi memperhatikan berikut terhadap bahwa situasi menyelesaikan memadukan independent variatif seperti belajarnya secara ingat kegiatan berusaha masalah adalah materi geografi pengolahan sebelumnya sendiri untuk kedua tersebut karakteristik siswa meningkatkan dipahami khususnya pblrata memungkinkan daya tentu siswanya tercapai upaya merupakan sigifikan pembahasan langsung STAD mencapai hasil rata partisipasi disimpulkan pelajaran terbukti dapat prose memiliki yaitu dalam menerapkan diperoleh diharapkan diajar memberikan melalui maka ketiga filed sehingga berakibat gaya pembelajaran waktu memperoleh itu dipengaruhi BAB haru menyajikan kuat tepat dimiliki menujukkan kognitiffield terlaksana kurang bisa bidang disekitar bermakna pertimbangan antara diterapkan menunjukka ini pelakasaan adanya menjadi baik menunjukkan satu pengaruh kogitif hal ada menggukan model melakukan mengubah demikian menyediakan penjelasana dibandingkan SIMPULAN pernyataan interaksi dilakukan implikasi karena pula disarankan dikemukakan sedemikian pada pegaruh simpulan agar dilihat mengalami pengetahuan variabel SARAN penerapan aktif dimana kognitif dan field meingkatkan IMPLIKASI kegitan efektif sangat berkurang kepada gilirannya pertama pemelajaran dengan data menggunakan akan menyenangkan saran atau berpengaruh yang mempunyai beberapa apabila lebih perbedaan rupa guru faktor penelitian perhatian sebagai belajar terindikasi sebab mengiring mengasuh PBL independentyang dari terdapat mata oleh DAN telah maksimal juga penegasan prosedur lingkungan didorong berdasarkan salah