PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS X SMA PAB 6 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HAQIQI, GADIS NURUL ISLAH (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS X SMA PAB 6 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 2133311079 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text
2. NIM. 2133311079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text
3. NIM. 2133311079 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
4. NIM. 2133311079 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
5. NIM. 2133311079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text
6. NIM. 2133311079 TABLES.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
7. NIM. 2133311079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
8. NIM. 2133311079 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
9. NIM. 2133311079 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text
13. NIM. 2133311079 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
14. NIM. 2133311079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB)

Abstract

Upaya penyelenggaraan pengembangan di bidang pendidikan sangat dianjurkan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memadai. Pengembangan atau pembaharuan ini menyentuh sarana nonfisik; seperti pengembangan kualitas tenaga kerja kependidikan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia, serta memiliki cara kerja yang inovatif. Seorang pendidik dituntut kreativitasnya untuk mampu menyusun bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Mutu pembelajaran menjadi rendah ketika pendidik hanya terpaku pada bahan-bahan ajar yang konvensional tanpa ada kreativitas untuk mengembangkan bahan ajar tersebut. Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X SMA. Secara khusus, masalah yang dikaji meliputi (1) Bagaimana kelayakan bahan ajar menulis puisi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan pada siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia? dan (2) Bagaimana keefektifan bahan ajar menulis puisi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan pada siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia? Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Brog dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, dan uji coba produk. Data diperoleh dari telaah buku teks pelajaran bahasa Indonesia, penyebaran angket/kuesioner, validasi produk oleh ahli materi, ahli desain, guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa (uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terbatas). Produk yang dikembangkan berjudul Menulis Puisi Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas X SMA. Pertama, modul dinilai kelayakannya dengan persentase rata-rata 86,01% kriteria "sangat baik". Kedua, bahan ajar menulis puisi berbasis kearifan lokal dinyatakan efektif dengan persentase rata-rata 77,05% kriteria “baik”. Jadi modul Menulis Puisi Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas X SMA sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahmannidn0001106702
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 IND 209
Keywords: PENGEMBANGAN, BAHAN AJAR, MENULIS PUISI, KEARIFAN LOKAL, SISWA KELAS X SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37464

Actions (login required)

View Item View Item