UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

HARAHAP, AAN PRAYUDA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 6153111001 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text
2. NIM. 6153111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text
3. NIM. 6153111001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
4. NIM. 6153111001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text
5. NIM. 6153111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
6. NIM. 6153111001 TABLES.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
7. NIM. 6153111001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
8. NIM. 6153111001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
9. NIM. 6153111001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text
13. NIM. 6153111001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
14. NIM. 6153111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar service bawah bola volly pada siswa SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan variasi pembelajaran mengunakan media audiovisual yang berjumlah 32 siswa. Jumlah sampel yang diambil secara random dari keseluruhan populasi adalah sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindaakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran service bawah bola volly, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar service bawah bola volly dengan menggunakan lembar fortofolio.Dengan menggunakan variasi pembelajaran mengunakan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar service bawah bola volly siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada test awal yang dilakukan terdapat 10 orang siswa (31,25%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 68,22. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 23 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 71,87% dengan nilai rata-rata 71,87. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 26 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 81,25% dengan rata-rata nilai 81,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam service bawah bola volly menggunakan variasi pembelajaran mengunakan media audiovisual di kelas X SMK Negeri 5 Medan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran mengunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar service bawah bola volly pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKasih, Indranidn0023067702
Thesis advisorDamanik, Saipul Ambrinidn0026108701
Call Number: SK-2019 PJKR 180
Keywords: VARIASI PEMBELAJARAN,MEDIA,AUDIOVISUAL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37420

Actions (login required)

View Item View Item