BLEND YOUR LEARNING RIGHT NOW: BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN LMS BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HOTS PADA SISWA

Sohaya, Etika Maeda (2019) BLEND YOUR LEARNING RIGHT NOW: BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN LMS BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HOTS PADA SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 24.-Etika.pdf]
Preview
Text
24.-Etika.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview

Abstract

Upaya untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan Pembelajaran harus mendapatkan perhatian yang serius, karena pendidikan yang bermutu akan menghasilkan manusia yang unggul, cerdas dan berkualitas. Saat ini proses pembelajaran di kelas terkesan kuno dan masih memprioritaskan pembelajaran tatap muka (face to face) sehingga, membuat sebahagian siswa merasa jenuh dan bosan. Hal tersebut juga memicu siswa untuk membolos karena merasa dirinya tidak memiliki ketertarikan untuk mengikuti Proses Kegiatan Belajar Mengajar di dalam kelas. Saat ini, Indonesia sudah mulai mengembangkan Revolusi 4.0 terlebih dalam bidang Pendidikan. Pendidikan di Era Revolusi 4.0 mengubah mindset siswa bahwa proses kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara online, dengan memanfaatkan teknologi yang ada siswa dapat melakukan aktivitas pembelajaran yang sifatnya kapan dan dimana saja (ubiquitous). Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan Blended Learning. Blended Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat memadukan pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran online dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) berbantuan Google Classroom, sehingga proses Pembelajaran tidak akan ketinggalan zaman, dan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan itu sendiri. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam Era Revolusi 4.0 salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa atau biasa disebut Higher Order Thingking Skills (HOTS) yang merupakan bagian dari konsep Era Revolusi 4.0 tersebut. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir HOTS pada siswa dengan model Blended Learning yang memanfaatkan LMS berbantuan Google Classroom. Hasilnya, pembelajaran Blended Learning dengan Google Classroom efektif untuk meningkatkan HOTS pada siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, Learning Management System (LMS), Google Classroom, Higher Order Think Skills (HOTS)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:39
Last Modified: 02 Jul 2020 00:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37349

Actions (login required)

View Item
View Item